Selamat Datang di Website PKBM CORDOVA | Sebuah Web Yang Menjadi Wadah Aktivitas Dan Kegiatan PKBM CORDOVA Yang semoga saja dapat memberikan Ilmu dan pemahaman baru bagi para pembaca | Jangan Lupa Like dan Tinggalkan Pesan Anda Pada Kotak Pesan Disamping Kanan |

Rabu, 16 Juli 2014

SOP bukan MAKANAN Lhooooo ...


STANDAR  OPERASIONAL PELAKSANAAN (SOP)
PENERIMAAN WARGA BELAJAR (WB) DI PKBM CORDOVA
PROGRAM KESETARAAN

1.        a. Penyebaran brosur Kesetaraan (Paket B Setara SMP & Paket C Setara SMA CORDOVA)
b.      Pemasangan Banner/Spanduk
c.       Sosialisasi Penerimaan Warga Belajar dalam Pertemuan  para wali murid
2.        Pendaftaran calon Warga Belajar di kantor PKBM CORDOVA
3.        Calon Warga Belajar mengisi buku tamu, dan diberi Formulir pendaftaran untuk diisi.
4.        Calon Warga Belajar melengkapi persyaratan pendaftaran, antara lain:
-          FC Ijazah Terkahir
-          FC Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi yang berusia di atas 17 tahun.
-          FC Rapot bagi yang Drop Out (DO)
-          Pas foto 3x4 dan 2x3 masing-masing 4 lembar
5.        Warga Belajar Menyelesaikan administrasi sekolah, dengan mengisi Formulir Regrestasi atau Calon Warga Belajar melakukan daftar ulang
6.        Data calon Warga Belajar masuk dalam buku induk yang sesuai dengan kelompok kelas masing2 berdasarkan jenjang pendidikannya.
7.        Formulir Pendaftaran di arsip sesuai dengan satuan program di PKBM CORDOVA (Paket B Setara SMP dan Paket C Setara SMA
8.        Calon Warga Belajar yang meminta formulir dan  belum diisi serta formulir belum dikembalikan pada PKBM CORDOVA, diberi waktu min 1 minggu, max 2 minggu.
9.        PKBM CORDOVA sebagai penyelenggara program Kesetaraan (Paket B Setara SMP & Paket C Setara) menyediakan 2 kelas, yakni : 1) Beasiswa dan, 2) Mandiri
10.    Kelas Beasiswa di sediakan bagi calon Warga Belajar yang mendaftar dari tingkat terendah.
11.    Jika kelas Beasiswa telah cukup jumlahnya (25 orang/kelas) maka di sediakan kelas Mandiri bagi calon Warga Belajar yang lain dan biaya di tanggung oleh Warga Belajar sesuai dengan rincian yang di atur oleh PKBM CORDOVA sebagai lembaga penyelenggara Program Kesetaraan.
12.    Bagi calon Warga Belajar yang Drop Out (DO) tanpa membawa poto copy rapot Drop Out (DO), maka akan mengulang di kelas VII (paket B setara SMP) dan kelas X (paket C setara SMA)
13.    Bagi calon Warga Belajar yang Drop Out (DO) dan dapat menunjukkan poto copy rapot Drop Out (DO), maka akan dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya.
14.    Bagi calon Warga Belajar yang Drop Out (DO) yang hanya dapat menunjukkan surat keterangan dari sekolah sebelumnya, maka dapat mengusulkan semester pendek dengan biaya di tanggung Warga Belajar sesuai dengan rincian yang di miliki oleh PKBM CORDOVA sebagai lembaga penyelenggara Program Kesetaraan.
15.    Bagi calon Warga Belajar :
a.    Paket B setara SMP, dengan usia di atas 17 tahun maka dapat mengusulkan semester pendek yang di setujui oleh orangtua/wali Warga Belajar dengan biaya di tanggung Warga Belajar sesuai dengan rincian yang di miliki oleh PKBM CORDOVA sebagai lembaga penyelenggara Program Kesetaraan.
b.    Paket C setara SMA, dengan usia di atas 20 tahun maka dapat mengusulkan semester  pendek yang di setujui oleh orangtua/wali Warga Belajar dengan biaya di tanggung Warga Belajar sesuai dengan rincian yang di miliki oleh PKBM CORDOVA sebagai lembaga penyelenggara Program Kesetaraan.
16.    KBM yang disesuaikan tingkat kelas masing-masing
17.    Bagi Warga Belajar yang berhalangan hadir dalam KBM, proses pembelajaran di lakukan secara Mandiri dengan komposisi 60% Mandiri, 20% Tutorial dan 20 % Tatap Muka.

CELEPUUUUUK DUYUX'S AAAAAH ( Eza-2 ku )

Apabila Dikemudian Hari Terdapat Kekeliruan  Dalam Pembuatan SOP Ini Akan Diadakan Ralat Seperlunya.

Marga Tiga, 28 November 2016
Ketua PKBM CORDOVA

IMAN HENDRIK SETIAWAN, M.Pd.I

Belajarlah MEMAAFKAN jika ingin DIMAAFKAN;
Belajar MEMAHAMI bila ingin DIPAHAMI;
Belajar MENGHARGAI jika ingin DIHARGAI;
Belajar MENYAYANGI jika ingin DISAYANGI;
Terhadap orang yang baik, ikuti KEBAIKANNYA;
Terhadap orang yang JAHAT berilah CONTOH yang baik dan Do'akan agar ia bisa kembali pada kebaikan.

Walau Sulit, tetap harus mencoba ...

0 komentar:

Posting Komentar