Selamat Datang di Website PKBM CORDOVA | Sebuah Web Yang Menjadi Wadah Aktivitas Dan Kegiatan PKBM CORDOVA Yang semoga saja dapat memberikan Ilmu dan pemahaman baru bagi para pembaca | Jangan Lupa Like dan Tinggalkan Pesan Anda Pada Kotak Pesan Disamping Kanan |

Minggu, 09 April 2017

Pelatihan Organisasi Kepemudaan Hotel Yestoya Way Jepara 4 - 5 April 2017


Organisasi kepemudaan adalah lembaga nonformal yang tumbuh dan eksis dalam masyarakat antara lain ikatan remaja masjid, kelompok pemuda (karang taruna) dan sebagainya (Warastuti, 2006). Pengertian lain menyatakan Organisasi kepemudaan adalah organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. Organisasi kepemudaan diorientasikan untuk menjadi organisasi pelayanan kemanusiaan penyelenggara usaha kesejahteran sosial yang memiliki pendekatan dan standar pada pendekatan pekerja sosial yang memadai.
Saat ini mulai muncul organisasi kepemudaan ditingkat desa/kelurahan, diantaranya karang taruna. Pembinaan generasi muda di karang taruna, terutama dimaksudkan untuk menghindarkan generasi muda dari masalah-masalah sosial (Sumantoro, 1992: 194). Potensi generasi muda tidak hanya dilihat dari jumlahnya semata, akan tetapi juga karena sifat-sifatnya. Sifat yang dinamis, kreatif, bergairah, berwawasan masa depan merupakan potensi yang perlu dibina dan dikembangkan agar menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan pembangunan masyarakat.
Organisasi kepemudaan tidak melupakan tanggung jawab bahwa mereka harus produktif secara ekonomi untuk mendukung kehidupannya. Kegiatan ekonomi produktif yang dilaksanakan oleh organisasi kepemudaan umumnya bertujuan untuk membuka peluang kerja bagi anggotanya, sehingga kegiatan tersebut menjadi awal terbukanya kesempatan bekerja yang lebih luas untuk masyarakat di sekelilingnya. Selain itu organisasi kepemudaan dituntut untuk melayani dan memotivasi masyarakat di desa/ kelurahan untuk menjadi warga belajar agar dapat berkembang guna meningkatkan martabat dan mutu kehidupan mereka. Organisasi kepemudaan sebagai perintis dan penggerak pembangunan di desa/ kelurahan dapat membentuk dirinya sebagai pendamping.
Salah satu bentuk ekonomi produktif yang dapat dijalankan pemuda adalah program kelompok usaha bersama. Program ini dijalankan secara berkelompok antara pemuda dengan masyarakat yang beranggotakan 10-20 orang per kelompok. Beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan organisasi kepemudaan diantaranya produksi (kerajinan, olahan pangan, alat perabotan), Perdagangan (hasil bumi, barang-barang konsumen), Jasa (perbengkelan, sablon, salon), Simpan pinjam (kelompok usaha, koperasi, arisan), peternakan (peternakan unggas, ikan, hewa peliharaan), pertanian (tanaman pangan, palawija, tanaman hias, pembibitan). Dalam kegiatan tersebut perlu adanya perencanaan yang baik serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

JADI MALU, YANG SEBELAH KIRI SAMPAI TERMEHEK-MEHEK HABIS NIIICH ...

GANTIAN MEHEKKU YANG KAKUUUUH


TERMEHEK-MEHEK SENDIRI AAACH

Adi manaaaaa Adiiiii ....





0 komentar:

Posting Komentar